John Surtees: Sebastian Vettel sempurna untuk Ferrari

Scuderia Ferrari Sebastian Vettel

Mantan juara dunia John Surtees yakin bahwa Sebastian Vettel adalah pria yang tepat untuk mengemudikan Ferrari tapi melakukan terlalu banyak kesalahan musim lalu.

Vettel bergabung dengan tim balap Italia ini pada akhir kampanye 2014 setelah tahun suram saat pembalap Jerman ini gagal meraih satu kemenangan pun.

Pembalap 27 ini kalah dari rekan setimnya Daniel Ricciardo dan memutuskan untuk hengkang dan mencari tantangan baru dengan tim yang berada di Maranello ini.

Ferrari berjuang sekeras mungkin bersama rekrutan terakhir mereka dan juga mengakhiri tahun tanpa meraih kemenangan untuk pertama kalinya sejak 1993.

Surtees, yang memenangkan gelar dunia tahun 1964 bersama Ferrari, yakin ini waktu sempurna bagi Vettel untuk bergabung dengan tim dan memberikan dorongan yang dibutuhkan bersama rekan setim barunya KimiRaikkonen.

Kata Surtees: “Ia sangat tertarik pada masa lalu, dan mobil juga motor. Ia pembalap yang sangat bersemangat, tapi ada sesuatu yang hilang darinya di tahun terakhir ini.

“Cahayanya tidak ada. Tapi saya kira ia seorang yang bersemangat, ini hanya apa yang diperlukannya. Dan yang diperlukan Ferrari,” tambah pembalap Inggris berusia 80 tahun ini.

“Seseorang yang mengatakan ‘Mari kita menemukan diri kita lagi’ karena mereka harus menemukan diri mereka lagi. Jadi hal itu menghasilkan kombinasi yang bagus.”

Surtees juga mengkritik kinerja Ferrari yang kurang semangat musim lalu dan merasa bahwa beberapa keputusan utama tidak ditangani dengan tepat.

“Mereka jelas agak kehilangan cara,” katanya. “Saya kiar mereka akan mungkin lebih berkembang nantinya.

“Jelas ada yang salah. Ini seharusnya lebih baik… di suatu tempat di sepanjang garis beberapa keputusan yang tepat tidak dibuat.”